Monday, November 28, 2016

Tag:

Chipset Buatan Anak Negri nih !

teknologi wimax, teknologi chip, teknologi chipset, chip wimax xirka, wimax xirka, teknologi canggih, teknologi indonesia, teknologi di indonesia, teknologi buatan indonesia, chipset buatan indonesia


Teknologi di Indonesia akhir akhir ini mulai berkembang pesat. Bahkan saat ini Indonesia sudah memiliki chipset buatan sendiri loh guys. Chipset yang bernama Xirka ini dibuat oleh PT Xirka Dama Persada dengan menggunakan teknologi WiMAX. Walaupun produk lokal, Xirka sendiri sudah mulai dilirik loh oleh internasional. Salut nih buat mereka !




teknologi indonesia, teknologi chipset, teknologi buatan indonesia




WiMAX sendiri merupakan singkatan dari Worldwide Interoperability for Microwave Access, merupakan teknologi akses nirkabel pita lebar (broadband wirelessaccess atau disingkat BWA) yang memiliki kecepatan akses yang tinggi dengan jangkauan yang luas. WiMAX merupakan evolusi dari teknologi BWA sebelumnya dengan fitur-fitur yang lebih menarik. Disamping kecepatan data yang tinggi mampu diberikan, WiMAX juga merupakan teknologi dengan  open standar, dalam arti komunikasi perangkat  WiMAX diantara beberapa vendor yang berbeda tetap  dapat dilakukan.

Dengan kecepatan  data yang besar (sampai 70 MBps), WiMAX dapat diaplikasikan untuk koneksi broadband „last mile‟,  ataupun backhaul. Hal yang membedakan WiMAX  dengan WiFi adalah standar teknis yang bergabung di  dalamnya, jika WiFi menggabungkan standar IEEE 802.11 dengan ETSI (European Telecommunications  Standards Intitute) HiperLAN sebagai standar teknis yang cocok untuk keperluan WLAN, sedangkan WiMAX merupakan penggabungan antara standar IEEE 802.16 dengan standar ETSI HiperMAN. Standar keluaran IEEE banyak digunakan secara luas di daerah asalnya, Amerika, sedangkan standar keluaran ETSI meluas penggunaannya di daerah Eropa dan sekitarnya. Untuk membuat teknologi ini dapat digunakan secara global, maka diciptakanlah WiMAX. 


Kembali bahas chipsetnya nih guys. Jadi, chipset ini terdiri dari dua spesifikasi, yakni Chipset Xirka untuk Fixed Wimax dan Chipset Xirka untuk Mobile Wimax.  Untuk fixed wimax telah diluncurkan pada Agustus 2009. Sedangkan mobile wimax diluncurkan pada quartal keempat 2009. Tahun 2009, Xirka diproduksi massal untuk Chipset Fixed BWA (IEEE 802.16d-2004).  Xirka memiliki roadmap yang sudah direncanakan sesuai dengan kebutuhan dunia IT di Indonesia maupun Internasional. Xirka chipset generasi pertama – berupa chipset untuk Broadband Wireless Access (BWA) yang sesuai dengan standard WiMAX Forum IEEE 802.16e-2005 akan diluncurkan pada kuartal keempat tahun 2010.

Setelah Xirka generasi pertama diluncurkan, maka akan diteruskan dengan Xirka generasi kedua dan seterusnya yang mengikuti kemajuan teknologi chipset dunia. Dengan roadmap yang jelas, maka Xirka dengan mantap dan terencana akan menjadi industri chipset kelas dunia yang terus melakukan inovasi dan kontribusi tidak hanya di Indonesia tetapi juga internasional. Produk asli buatan Indonesia ini diluncurkan langsung oleh Menteri Riset dan Teknologi Republik Indonesia, Kusmayanto Kadiman. Beliau menjelaskan, seluruh komponen di dalam Xirka merupakan buatan Indonesia. Operator yang memberikan layanan Wimax wajib menggunakan Xirka.

Menurut Kusmayanto, peran Indonesia selama ini hanyalah sebagai pengguna. ”Oleh karena itu, kami ingin Indonesia juga bisa berperan sebagai produsen. Kami dorong pengembang untuk kembangkan chip Wimax dan hasilnya adalah Xirka ini,” paparnya. Wimax, tambahnya, dipastikan akan serba Indonesia, mulai dari komponen hingga operator Wimaxnya. Dengan diciptakannya chip Wimax Xirka ini, Indonesia sudah sejajar dengan sembilan negara lain yang sudah mengembangkan chip Wimax, antara lain China, Jepang, Rusia, dan Taiwan.



Kusmayanto mengharapkan industri chipset Indonesia bisa mencapai kelas dunia. Oleh karena itu, dibutuhkan inovasi dan kontribusi tidak hanya dari masyarakat Indonesia, tetapi juga masyarakat internasional. Saat ini, Xirka memiliki engineer-engineer yang andal yang terbagi dalam 4 bidang yaitu, Architecture Designer, System Modeling, Prototyping, dan Medium Access Control (MAC). Dengan disiplin dan kerja keras, serta  kerjasama yang baik maka Xirka siap menjadi pemain IT global.


Artikel Terkait:
Aplikasi Karya Anak Bangsa nih! Welcome LiteBig!
Mengubah Asap Sampah Menjadi Cairan? Kenapa Tidak?

About alfancahyadi

I'm just a guy :)

1 comments:

  1. bagus ya web nya

    cek jugaa
    http://sepatuwanitaniketerbaru2016.blogspot.co.id/

    ReplyDelete