Saturday, November 26, 2016

Tag:

Apa sih Prosesor itu?


processor terbaik, processor laptop, prosesor laptop, prosesor terbaik, prosesor laptop terbaik, prosesor hp, prosesor hp terbaik, prosesor adalah, teknologi prosesor smartphone, teknologi prosesor masa depan


Di era gobalisasi seperti ini, gadget - gadget seperti komputer, laptop, maupun smartphone, pasti sudah tidak asing lagi. Hampir semua orang pasti sudah memilikinya. Bahkan mulai dari balita, banyak sekali yang sudah memegang gadget seperti smartphone. Kali ini kita akan membahas salah satu komponen/bagian dari gadget. Yakni processor (prosesor). Dalam bahasa inggris kita biasa menulis dengan kata "processor". Namun dalam Bahasa Indonesia, kita menulis "prosesor".


prosesor terbaik, prosesor laptop, prosesor smartphoneApa sih prosesor itu?


Prosesor itu adalah sebuah komponen dari gadget  (komputer, laptop, smartphone, dll) yang dapat dikatakan sebagai pusat dalam pemrosesan sebuah gadget. Jadi, dapat dikatakan  prosesor itu adalah otak dari sebuah gadget.

Letak prosesor itu dimana sih?

prosesor intel, prosesor amd, prosesor quad core

Prosesor terletak di dalam suatu tempat dimana semua komponen dari sebuah gadget berkumpul. Tempat itu bernama Motherboard. Pada dasarnya motherboard adalah rumah bagi komponen internal dari sebuah gadget. Prosesor juga harus "match" dengan motherboard nya agar prosesor bisa bekerja. Untuk pengertian motherboard secara lebih spesifik bisa dilihat disni.




Bagian bagian di dalam prosesor itu apa aja sih?


Ada 3 bagian yang terpenting dari prosesor. Bagian bagian tersebut adalah:

- Aritcmathics Logical Unit (ALU)
   ALU merupakan bagian dari prosesor yang berfungsi dalam pemrosesan aritmetika di prosesor. 
- Control Unit (CU)
   CU atau juga bisa disebut Control Unit merupakan bagian yg berguna dalam mengontrol kinerja dari processor itu sendiri
- Register Unit (RU)
   RU adalah bagian dari processor dimana berfungsi seperti memori. Yakni menyimpan data. Namun,    hanya saat data sedang diproses.

Kalau kecepatan prosesor itu sendiri gimana?


Waduh, apa ini coba maksudnya kecepatan. Udah kayak orang lomba lari aja. Hehehe. Jadi, dalam prosesor juga dikenal istilah frekuensi. Apa itu frekuensi dalam prosesor? Frekuensi disini maksudnya adalah kecepatan dari prosesor dalam mengerjakan perintah program dalam 1 detik. Pengukuran kecepatan prosesor ini diatur dalam MHz (MegaHertz) hingga GHz (GigaHertz). Namun, prosesor jaman sekarang sudah menggunakan satuan ukuran GHz. Semakin besar GHz nya, maka semakin cepat juga prosesor memproses program yang berjalan.

Brand prosesor yang terkenal apa aja ya?


Untuk brand dari prosesor komputer/laptop bisa dilihat disini
Untuk brand dari prosesor smartphone bisa dilihat disini



Wah, ternyata prosesor serumit itu ya >.< padahal itu cuma satu komponen dalam gadget. Belum lagi dengan komponen lainnya nih. Hehehe. Oke. Cukup sampai disini pembahasan kita tentang "Apa itu Prosesor?". Jika ada kesalahan dalam penulisan mohon dimaafkan karena saya disini sebagai penulis juga masih dalam proses pembelajaran.


About alfancahyadi

I'm just a guy :)

0 comments:

Post a Comment