Monday, November 28, 2016

Tag:

Apa itu Chipset? Fungsi dan Bagian Bagiannya

chipset motherboard, chipset terbaik, chipset android, chipset di motherboard, chipset fungsinya, chipset komputer, chipset laptop, teknologi chip, teknologi chipset,teknologi komputer



Kali ini kita akan membahas teknologi lain dari komputer/laptop. Ya, Chipset. Mari kita bahas bersama sama.


chipset adalah, chipset fungsi, chipset motherboard


Apa sih Chipset itu? 


Jadi, Chipset menurut wikipedia adalah IC ukuran kecil yang pada komputer merupakan layaknya "polisi lalu lintas" pada papan induk (motherboard), mengarahkan aliran data dan menentukan peranti apa yang didukung oleh Personal Komputer (PC).


Lantas, fungsi sebenarnya apa ya?



Chipset pada video card berfungsi untuk mengontrol rendering grafik 3 dimensi dan output berupa gambar pada monitor. Sedangkan chipset pada motherboard berfungsi untuk mengontrol input dan output (masukan dan keluaran) yang mendasar pada komputer. Lebih jelasnya bahwa chipset yang terdapat pada motherboard  berfungsi untuk mengatur aliran data dari satu komponen ke komponen lainnya. Misalnya, mengarahkan data dari CPU (prosesor) menuju kartu grafis (video card) atau ke sistem memory (RAM), serta mengarahkan aliran data melalui bus PCI, drive IDE dan port I/O.


Ada berapa jenis chipset itu ya?


Chipset sendiri ada 2. Yaitu chipset northbridge dan chipset southbridge. Berikut ini adalah penjalasannya:

1. Chipset Southbridge

Merupakan salah satu dari dua chip pada chipset yang mengontrol bus IDE, USB, dukungan plug and play, menjebatani PCI dan ISA, mengontrol keyboard dan mouse, fitur power manajemen dan perangkat lain.


Berfungsi :  Dapat mengatur input dan output pada komputer, termasuk PCI dan ISA bus, prosesor, memory (RAM) cache.

2. Chipset Northbridge


Merupakan bagian yang menghubungkan processor (CPU) ke sistem memori dan graphics controller (AGP dan PCI  express) melalui bus berkecepatan tinggi, dan ke southbridge. yang berfungsi untuk mengawal komunikasi antara CPU, RAM module, AGP atau PCI-E, dan southbridge, 
Chipset northbridge biasanya terletak lebih dekat dengan prosessor

Berfungsi : Mengawal komunikasi antara CPU, RAM module, AGP atau PCI-E, dan southbridge dan chipset bekerja sama  untuk mengaktifkan fungsi komputer.



Artikel Terkait:
Chipset Buatan Anak Negri nih ! 
5 Motherboard Terbaik di Komputer nih! Wajib Dicoba!

About alfancahyadi

I'm just a guy :)

0 comments:

Post a Comment